Sejarah Singkat Motor Paling Tua Milik Astra

​Pada tahun 1970, Bertepatan dengan hari pahlawan tanggal 10 November sepeda motor Astra Honda pertama kali lahir di Indonesia dengan seri Honda Astra S90Z(generasi setelah S90). Honda S90Z masuk ke Indonesia dengan semi knock down, semua komponen buatan Jepang. Jumlah yang diproduksi Astra awalnya hanya 1500 unit di tahun pertama. Akan tetapi di tahun berikutnya jumlah motor yang diproduksi meningkat drastis yakni 30.000 unit, lalu jumlah produksi ini meningkat terus di tiap tahunnya. Laris manis tanjung kimpul, PT Federal Motor (Astra saat itu) pun berkembang pesat.
Sebelumnya Honda S90 hadir di negeri yang kaya akan sejarah industri otomotif ini secara build up (datang bulat-bulat ke Inonesia) tahun1964-1968an. Pada tahun tersebut S90/Super 90  memiliki varian warna putih, hitam, biru candy dan merah. Warna tersebut bertahan hingga generasi setelahnya S90Z di tahun 70-an.
Selain itu perbedaan paling mencolok S90 dari generasi ke generasi adalah warna spatbor yang di cat silver di tahun 1968 dan tahun seterusnya pakem spatbor di rubah menjadi krom.

Sesuai namanya motor rakitan pertama Astra Honda ini memiliki isi silinder 90cc dengan  empat percepatan serta dapat menyemburkan tenaga sebesar 8hp dan di klaim mampu melaju hingga 103 km/jam. Tak salah jika motor ini dinamahkan “Super” karena dengan kapasitas mesin 90cc dapat melaju sekencang itu.

Dengan kepercayaan diri yang tinggi, melalui produk Honda Astra S90Z miliknya kini kedigdayaan PT Astra Honda Motor (AHM) sudah tidak terbendung di Indonesia. Terbukiti hingga tahun 2016 ini pencapaian total produksi motor Honda di Indonesia telah mencapai hampir menyentuh angka 70 juta, dimana ini merupakan pencapaian produksi terbesar di ASEAN. Luar biasa. (Teks;tgr,foto;Honda)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s