honda xr650l jadi scrambler, kereen 

​dalam dunia kustom, ubahan scrambler merupakan salah satu aliran yang paling sering digunakan untuk mengubah tampilan motor sport menjadi kendaraan segala medan berpenampilan macho.

tapi bagaimanakah jadinya jika tampilan scrambler justru disederhanakan dari motor tril honda xr650l yang notabene berupakan juga motor petualang segala medan milik pabrikan berlambang sayap burung ini.

adalah rendy venhuis dari kanada federal yang mencoba melucuti honda xr650l menjadi besutan gunung yang sederhana, tapi tangguh untuk merobek lahan hutan pegunungan di kanada.

“motor ini akan digunakan untuk trabas pegunungan kimberley, kimberley dalah sebuah kota kecil yang indah di kanada, terletak di antara pegunungan rocky,” kata direktur desain federal, Shaun brandt. “kami tertarik terhadap olah raga ekstrim yang memerlukan kendaraan handal untuk segala medan. ”

shaun memilih honda xr650l karena karekteristik suspensi dan ketahanan terhadap medan lupur yang sudah teruji. selain itu penggunaan starter elektik, bahan bakar yang irit serta ringan merupakan karakter kuat untuk menjadikan motor ini sebagai kendaraan andalan di kota ini.”

awal kerj dari proyek ini adalah dengan melucuti komponen-komponen yang tidak dibutuhkan dan mencangkokan beberap komponen klasik dan modern agar motor tetap fungsional.

bodi-bodi plastik pada honda xr650l ini tidak digunakan, selanjutnya banyak dicangkoki komponen motor lain, salah satunya tanki pakai uamha xt 500 yang dibekali cutting stcker ulang bertuliskan ‘xr650’.

untuk melengkapi tampilan vintage di bagian lain, jok dibuat ulang dengan dibungkus kulit untuk bahan baku sepatu. letaknya tepat berada di tengah rangka agar posisi berkendara tetap stabil. tepat di bawahnya diletakan kotak berisi aki lithium yang didesain sedemikian rupa agar anti terhadap goncangan.

negitupun dengan box filter udara yang dilangsugkan hanya menggunakan filter busa
keluaran uni. yang tidak kalah penting adalah system pembuangan gas buang yang terdiri dari knalpot fmf header, dengan leher stainless steel kustom setebal 12 inc.

untuk perdam kejut sok breker belakng dibiarkan mengingat kekuatan kaki-kaki Honda xf650l yang dapat diandalkan, namun bagian depan randy menggunakan kaki-kaki Honda cr250 keluaran tahun 2005 lalu di cat hitam doff. pada kemudi, stang fat bars keluaran Renthal dengan riser pro tappper.

dengan ubahan ini Honda xr650l 2006 mampu tampil lebih sederhana, retro dan tentunya lebih keren dari tampilan enduro seperti xr aslinya. semoga bisa menjadi inspirasi modifikasi ente ya bro.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s