intip pembuatan serat karbon 

hollaaa. kali ini pengolah serat karbon kelas dunia ingin berbagi dalam mengenal ragam dan pengolahan singkat mengenai serat karbon. adalah zero limit perusahaan pengolah karbon yang setiap setahun mampu memproduksi lebih dari 20.000 jenis produk karbon untuk industri otomotif. zero limit merupakan salah satu pemain lama loh dalam industri ini.

mereka barmarkas di inggris dan sudah banyak memproduksi produk-produk karbon racing untuk motor-motor sport di eropa. enggak hanya itu, balapan mobil adu ketahanan lemans sebagian bodikit peserta balapan di buat oleh perusahaan yang bermarkas di inggris ini. selain itu tau gak sih kalau karbon yang berfungsi pelapis atau pengganti bodi motor yg kita pakai itu terbuat dari lapisan-lapisan serat yang ketebalan dan bentuknya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. misalnya spion, fering, kaca spion, atau spatbor.

tapi yang pasti nih bor, sebelum karbon jadi komponen siap pakai, karbon biasanya jadi dalam bentuk anyaman atau lembaran kain karbon yang mudah digunting. tapiiii…jangan dianggap remeh jika sudah terkena kimia lain, salahsatunya resin.kekuatannya langsung deh berlipat. nah uniknya tuh disini. karbon itu enteng tapi kuat dan mampu menyamai kekuitas plat besi. selain itu juga tahan panas.

oh iya, selain bahan resin yang bikin kuat ternyata kualitas tenunan atau motif juga sebagai penentu kekuatan karbon. biasanya nih, semakin tebal lapisan kaini karbon dan kepadatan motif silang tenunan maka akan semakin kuat su produknya. makanya harga aksesories karbon juga beragam. tipis atau tebal tergantung ukuran lapisan yang dipakai  untuk melipiti atau membuat suatu produk aftermarket motor. yang banyak juga beredar di pasaran, supaya cos produksi tidak tinggi karbon dibuat lebih lentur dicampur lapisan plastik lalu diperkuat dengan campuran lapisan plastik dan serat. 

Cara mencetak lembaran karbon mirip-mirip dengan mencetak fiber. misalnya pembentukan karbon dengan  meletakan serat pada molding atau cetakan lalu lapisi dengan resin, tinggal lakukan berulang sampai bendapatkan bentuk dan ketebalan sesuai kebutuhan.  cara kedua dengan alat cetak. Bedanya pada proses ini setelah lapisan dirasa cukup, finishingnya karbon dipanaskan dengan tujuan mengeluarkan sisa gelembung udara yang terjebak diesin, lalu di membentuk.

cara lebih akurat menggunakan mesin pres canggih. cetakannya sudah tergambar empat dimensi, takaran perbandingan karbon dan kimia pendukungnya sudah bisa ditentukan lewat komputer. dengan alat ini hasil produk yang dihasilkan pasti lebih akurat dan presisi. kita hanya memasukkan gulungan karbon setebal ratusan meter dan selanjutnya biarkan mesin yang membentuk,yang membentuk yang terakhir nih, supaya karbon tahan cuaca, produk yang sudah jadi sudah jadi dilapisi cairan anti ultra violet, lalu dipernis dan dipoles untuk menjadi produk racing berkelas yang siap dipasarkan.   (Foto: fastbikes)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s