Komponen-Komponen Skutik Yang Doyan Jajan

Skutik memang praktis, tapi bukan berarti perawatannya bisa sesantai dengan menggunakannya. Pada skutik biasanya ada beberapa komponen yang rawan kerusakan. Supaya tetap nyaman, sebaiknya komponen-komponen mesin yang rawan ini tetap dijaga supaya awet dan tidak menyusahkan. Mau tahu apa saja. Monggo disimak.
1.Drive Belt
Komponen ini salah satu komponen rawan pada skutik. Tugasnya yang berat sebagai penghubung mesin dengan penggerak roda. Belt atau sabuk ini harus selalu dicek saat jarak kilometer tertentu. Salah perhitungan bisa putus di jalan.
2.Ban
Karakter skuter matik pada umumnya memiliki diameter ban lebih kecil. Otomatis akan berputar lebih banyak dan mengalami kehausan lebih cepat dibanding varian sport atau bebek.
3.Kampas Rem
Biasanya penggunaan tuas rem pada skutik lebih sering dilakukan. Palagi sangkin praktisnya pengendara skuter ini sering menggantung tuas rem ketika berkendara.
4. Kopling
Prinsip kerja kopling pada matik enggak jauh berbeda dengan motor lain. Tapi dari segi karakteristik kopling berbeda karena banyaknya bagian komponen yang berputar. Seperti mangkuk kopling, roller,per, dan sebagainya.
“Kalau kita jarang memperhatikan hal tersebut, pastinya kita akan lebih sering jajan ke bengkel. Otomatis pengeluaran untuk membelikan parts baru juga bertambah yakan,” kata Sobari, salah satu mekanik Yamaha wilayah Jakarta Timur.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s